MEDIAFIRE FOLDER

13 Des 2011

PROPOSAL SKRIPSI PGTK

PROPOSAL

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA  
ANAK USIA DINI MELALUI BERCERITA 

DAFTAR ISI
       Halaman
HALAMAN JUDUL   ………………………...………………………………
HALAMAN PENGESAHAN   ……………………………………………….
KATA PENGANTAR   ……………………………………………………….
DAFTAR ISI   …………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang   ………………………………………………………..
B.     Identifikasi masalah   …………………………………………………..
C.     Pembatasan masalah   ………………………………………………….
D.    Rumusan masalah   …………………………………………………….
E.     Rancangan pemecahan masalah   ……………………………………...
F.      Tujuan penelitian   ……………………………………………………..
G.    Manfaat keguanaan penelitian   ………………………………………..
H.    Defenisi operasional   ………………………………………………….

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.    Landasan teori   ………………………………………………………..
1.      Bahasa   …………………………………………………………….
a.       Pengertian bahasa   …………………………………………….
b.      Fungsi bahasa bagi anak   ……………………………………...
c.       Tahap-tahap perkembangan bahasa anak   …………………….
2.      Berbicara   ………………………………………………………….
a.       Pengertian berbicara   …………………………………………..
b.      Keterampilan berbicara   ……………………………………….
c.       Tahap-tahap perkembangan berbicara   ………………………..
d.      Tujuan keterampilan berbicara   ………………………………..
e.       Tahap-tahap perkembangan keterampilan bicara anak   ……….
f.       Hambatan-hambatan dalam keterampilan berbicara anak   ……
3.      Metode bercerita   ………………………………………………….
a.       Metode bercerita   ……………………………………………...
b.      Tujuan bercerita   ………………………………………………
c.       Fungsi dan manfaat bercerita   …………………………………
d.      Kelebihan dan kekurangan metode bercerita   …………………
4.      Media cerita bergambar   …………………………………………..
a.       Pengertian  media cerita bergambar   …………………………..
b.      Teknik Bercerita dengan Alat Peraga Buku Bergambar   ……..
c.       Manfaat Metode Bercerita Untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bagi Anak   …………………………………………..
B.     Penelitian yang relevan   ……………………………………………….
C.     Kerangka konseptual   …………………………………………………
D.    Hipotesis tindakan   ……………………………………………………

BAB III RANCANGAN PENELITIAN
A.    Jenis penelitian   ……………………………………………………….
B.     Subjek penelitian   ……………………………………………………..
C.     Prosedur penelitian   …………………………………………………...
D.    Instrumentasi Penelitian    ……………………………………………
E.     Teknik pengumpulan data   …………………………………………….
F.      Teknik analisis data   …………………………………………………..

DAFTAR PUSTAKA   ………………………………………………………...

LAMPIRAN - LAMPIRAN   ………………………………………………….

i
ii
iv


1
5
6
6
6
7
7
7


9
9
9
10
12
16
16
17
18
19
21
23
26
26
27
28
29
30
30
33

34
35
35
36


37
38
38
47
48
49

52

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang masalah
Salah satu aspek keterampilan berbahasa yang sangat penting peranannya dalam upaya melahirkan generasi masa depan yang cerdas, kritis, kreatif, dan berbudaya adalah keterampilan berbicara. Dengan menguasai keterampilan berbicara, peserta didik akan mampu mengekspresikan pikiran dan perasaannya secara cerdas sesuai konteks dan situasi pada saat dia sedang berbicara. Keterampilan berbicara juga akan mampu membentuk generasi masa depan yang kreatif sehingga mampu melahirkan tuturan atau ujaran yang komunikatif, jelas, runtut, dan mudah dipahami.


A.    Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukan di atas dapat diidentifikasi beberapa masalah yang di hadapi dalam peningkatan keterampilan berbicara pada anak usia dini melalui cerita bergambar pada anak Taman Kanak - kanak Harapan Silaing Bawah Padangpanjang sebagai berikut :
1.      Kurangnya tingkat keaktifan anak untuk menceritakan pengalamannya di depan kelas.
2.      Guru kurang bisa menerapkan strategi dan pendekatan yang tepat dalam proses belajar mengajar.
3.      Kurangnya media pembelajaran dan penggunaan metode pembelajaran yang tidak tepat pada anak.
B.     Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka pembatasan masalah dibatasi tentang : menghilangkan kebiasaan anak berbicara menggunakan bahasa daerah dan memberikan kepercayaan diri anak agar tidak kaku berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia. Oleh sebab itu penulis berharap semoga dengan teknik bercerita yang bervariasi dan pendalaman guru terhadap cerita yang ditampilkan, dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak  di Taman Kanak-Kanak Harapan Silaing Bawah Padangpanjang.
C.    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas, maka pada penelitian ini dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : .
D.    Rancangan Pemecahan Masalah
Berdasarkan indentifikasi masalah yang dikemukakan diatas maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melaksanakan sebuah metode bercerita di Taman Kanak-kanak
E.     Tujuan Penelitian
Berkaitan dengan  rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian adalah
F.     Manfaat Kegunaaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi :

G.    Defenisi Operasional
Keterampilan berbicara adalah kebutuhan kita sebagai manusia.
Bercerita memberikan pengalaman belajar untuk berlatih mendengarkan. 
Cerita bergambar merupakan suatu media yang unik, menggabungkan teks dan gambar dalam bentuk yang kreatif, 
BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.      Landasan Teori
1.      Bahasa
a.      Pengertian bahasa
Bahasa sebagai fungsi dari komunikasi memungkinkan dua individu atau lebih mengekspresikan berbagai ide, arti, perasaan dan pengalaman. Menurut Badudu dalam Dhieni (2008:1.11) menyatakan bahwa bahasa adalah alat penghubung atau komunikasi antara anggota masyarakat yang terdiri dari individu-individu yang menyatakan pikiran, perasaan dan keinginannya
b.      Fungsi Bahasa bagi anak
       Kemampuan bahasa dipelajari dan diperoleh anak usia dini secara alamiah untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Bromley dalam Dhieni (2008:1.19)

c.       Tahap-Tahap Perkembangan Bahasa Anak
Menurut Piaget dalam Musfiroh (2005:9) perkembangan bahasa anak TK masih bersifat egosentrik dan self-expressive, yaitu 

2.      Berbicara
a.      Pengertian berbicara
Dalam Tarigan (1981:15) mengemukakan berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspesikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan dan
 
BAB III
RANCANGAN PENELITIAN
A.    Jenis Penelitian
Berdasarkan rencana penelitian, maka penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas yang selanjutnya disebut dengan PTK.
Menurut Kunandar (2010:46) PTK adalah:
PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan guru dikelas sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, mengamati dan merefleksikan tindakan melalui beberapa siklus secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu proses pembelajaran dikelasnya.

Menurut Suharsimi ( 2006:91 ) berdasarkan rangkaian ketiga kata tersebut dapat dijelaskan tiga pengertian, yaitu :

 UNTUK LEBIH LENGKAPNYA ==>
Atau klik pada logo MEDIAFIRE dibawah bi3i3 tugas sekolah untuk langsung menuju share folder di MEDIAFIRE

Atau

Download :
( klik pada logo file sharing)

 BAB I PENDAHULUAN
BAB II KAJIAN PUSTAKA

BAB III RANCANGAN PENELITIAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar