MEDIAFIRE FOLDER

16 Des 2011

Perangkat keras komputer - TIK SMU


Perangkat Keras Komputer

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)



Process device
Peralatan Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data. Yang termasuk peralatan proses adalah sebagai berikut.
1.)    Processor Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan bagian yang sangat penting dalam komputer.
Kehandalan suatu komputer dapat dilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4, AMD, Centrino dan Core Duo. Semakin tinggi tingkatan processor-nya semakin baik fungsi komputer tersebut.


v  Backing storage

Peralatan penyimpanan adalah media penyimpanan data.
Perhitungan :
§   1 byte                          : 8 bit
§  1 kilobyte                    : 1024 byte
§  1 megabyte                : 1024 kilobyte
§  1 gigabyte                   : 1024 megabyte

Semenjak diperkenalkannya komputer modern pada tahun 1940, komputer terus berkembang  dengan  sangat pesat, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Perkembangan ini dipicu antara lain oleh perbandingan antara biaya  dan  kemampuan, sistem penyimpanan yang bervariasi, dan cara bagaimana user mengorganisir datanya. Sistem komputer terdiri dari empat komponen perangkat keras, yaitu  central processing unit (CPU),  primary storage/memori utama, secondary storage/memori sekunder, dan input-output devices yang berhubungan dengan pengguna. 


v  Peripheral device
Kartu jaringan (Inggrisnetwork interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuahkartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC EthernetToken Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter


·           UNIT-KELUARAN(Outputdevice)

Output device merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Hasil pemrosesan tersebut dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf,angka,simbol khusus), image (dalam betuk grafis atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
 
ΓΌ  Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. 


Untuk lebih lengkapnya :
klik pada logo MEDIAFIRE dibawah bi3i3 tugas sekolah untuk langsung menuju share folder di MEDIAFIRE

Atau


Download :
( klik pada logo file sharing)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar