MEDIAFIRE FOLDER

3 Nov 2010

Kreatifatas Bermain Anak

 Tugas


Kreatifatas Bermain Anak

Anak sebagai makhluk yang memiliki perasaan dan pikiran, mempunyai kebutuhan untuk menyatakan perasaan dan pikirannya dengan berbagai macam cara. Kreatifitas anak pada TK dapat di lihat dari kegiatan anak pada saat menggambar, bermain peran, dan melakukan berbagai gerakkan berkaitan dengan fisik motorik anak.
A. Tujuan Pengembangan Kreatifitas
Menurut buku karangan S.C. Utami Manandar alasan penting untuk memupuk dan menggembangkan kreatifitas dalam diri anak yaitu:
1. Dengan berkreasi anak dapat mewujudkan dirinya
2. Dengan berpikir kreatif dimungkinkan anak dapat melihat berbagai macam penyelesaian suatu masalah.
3. Bersibuk diri secara kreatif
4. Dengan kreatif memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya
Tujuan pengembangan kreatifitas anak di TK adalah sebagai berikut :
1. Mengenalkan cara mengekspresikan diri melalui hasil karya dengan menggunakan teknik-teknik yang dikuasai anak.
2. Mengenalkan cara dalam menemukan alternatif pemecahan masalah
3. Membuat anak memiliki sikap keterbukaan terhadap berbagai pengalaman
4. Mambuat anak memiliki kepuasaan diri apa yang dilakukan pada hasil karya sendiri dan sikap menghargai hasil karya orang lain
5. Membuat anak kreatif

B. Fungsi Pengembangan Kreatifitas pada Anak
Adalah sebagai berikut:
1. Memgembangkan kognitif anak
2. Pegembangan kreatifitas terhadap kesehatan jiwa
3. Perkembangan estitika anak
C. Ruang Lingkup
Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 pengembangan kreatifitas anak tidak hanya pada bidang pengembangan kemampuan seni saja, tetapi pada semua aspek pengembangan dasar seperti: bahasa, kognitif, fisik dan motorik.

D. Peran dan tanggung jawab Guru dalam pengembangan kreatifitas
Guru sebagai model, fasilisator, mediator, dan inspiritor bagi anak dalam usaha memunculkan kreatif anak. Dan Tanggung jawab guru adalah:
a. Kemampuan menerima keunikan anak
b. Bersedia menerima cara pandangan anak
c. Kemampuan menyediakan program-program yang menantang anak bereksplorasi

Dalam Kegiatan Seni Rupa/Seni Musik Peranan Kreatifitas
A. Kegiatan Seni Rupa di Tk
Tujuannya adalah untukmenumbuh kembangkan kreatifitas, rasa ingin tahu, daya khayal, dan inisiatif anak.



B. Karakteristik Perkembangan Seni Anak-Anak Usia Tk
1. Anak sadar bahwa garis dan berbagai bentuk bisa mewakili orang-orang, binatang dan berbagai benda
2. Mulai menceritakan dengan kata-kata/ karangan
3. Anak sadar mengenai bekerja membuat karya dalam kelompok
4. Hasil karya 3 dimensi mencerminkan kemampuan yang terus berkembang
5. Pemilihan warna yang cocok

C. Kegiatan yang Memacu Kreatifitas Seni
Untuk mengembangkan kreatifatas anak yang dapat dilakukan guru adalah:
1. Membawa benda-benda seni dan dibahas anak-anak
2. Memamerkan salinan dari beragam hasil karya di sekeliling ruangan
3. Membahas seni dalam buku anak-anak
4. Mengumpulkan benda-benda alami dibahas dan digunakan dalam proyek seni
5. Meminta anak menggambar dan melukis sambil mendengar musik
6. Menyediakanpengalaman-pengalaman sensor rasa, penciuman, pendengaran, rabaan, pergerakkan yang mendorong anak mengekspresikan dirinya.
Bidang pengembangan seni rupa dapat diberikan melalui kegiatan :
a. Menggambar
b. Melukis dengan kuas
c. Melukis dengan jari dan tangan (finger painting)
d. Mengecap
e. Melipat
f. Menggunting, merobek, dan merekat (3 m)
g. Meronce

D. Kegiatan Seni Musik di TK
Dua musisi dari eropa timur Carl Orff dan Zoltan Koldaly memberi pemikiran yang pertimbangan musik pada perkembang anak :
1. Terhadap perkembangan emosional anak
2. Terhadap perkembangan sosial anak
3. Terhadap perkembangan bahasa
4. Terhadap perkembangan intelektual anak
5. Terhadap perkembangan motorik anak

E. Peranan Guru Dalam Menggembangakan Kemampuan Dasar Seni Anak
Dapat diberikan melalui:
1. Bermain alat perkusi
2. Ekspresi gerak melalui irama( gerak ritmik).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar